Jumat, 21 Juni 2013

Dari Blitar Ke Jogja (Lempuyangan) – Meet Jogjakarta (1)

26 Juli 2011. Setelah berdiskusi panjang lebar dan akhirnya mengubah tujuan (tujuan awal adalah Bali,hehehe), saya dan rekan saya, Gondhol, memutuskan untuk berangkat menuju Jogjakarta. Daerah istimewa yang terletak di Jawa Tengah ini berhasil menggoda saya & Gondhol untuk berangkat menjelajahinya dengan segala keunikan wisata sejarahnya. 



Sekitar pukul 13:10, kereta yang kami tumpangi berangkat dari Stasiun Blitar menuju Stasiun Kediri. Dari stasiun Kediri, kami akan berganti dengan kereta Kahuripan yang akan langsung mengantar kami ke St. Lempuyangan, Jogja. Jika mengambil jalur dari Blitar – Jogja dengan kereta ekonomi memang ada beberapa pilihan salah satunya adalah menaiki kereta Kahuripan yang memulai perjalanan dari St. Kediri sehingga kami otomatis harus menuju terlebih dahulu ke Kediri dengan KA Rapih Ndoho seharga Rp 4000,-. Ada juga alternatif lain yaitu dengan menaiki KA Matarmaja yang melewati Blitar,lalu turun di St. Solo-Jebres dan berganti dengan kereta commuter line Prameks Solo-Jogja. Kembali ke perjalanan awal, kami sampai di St. Kediri sekitar pukul 15:00. Karena waktu cukup mepet (KA Kahuripan berangkat pukul 15:27), kami segera bergegas untuk antre tiket. Tak berselang lama, tiket seharga Rp 23.000,- telah ada di tangan dan kami telah duduk manis di dalam gerbong kereta. Banyak pedagang asongan lalu lalang menawarkan dagangannya namun karena logistik telah disiapkan kami tidak tertarik dengan itu semua. Sekitar beberapa jam kemudian kami sampai di stasiun Madiun. 


Karena perut terasa lapar, sebungkus nasi pecel dan rempeyek seharga Rp 5000,- mampir di perut saya. Cukup nikmat makan di kereta bersama dengan penumpang lain sambil bercerita tentang tujuan mereka masing-masing. Tak terasa sekitar pukul 20:30 tepat (setelah 5 jam perjalanan dari St. Kediri), kami sampai di St. Lempuyangan, Jogja. Segera saya hubungi rekan saya yang kebetulan mengambil kuliah di Jogja untuk menjemput kami berdua. Selama di Jogja, kami akan menginap di kontrakannya jadi cukup hemat biaya,hehehe. Esoknya kami berencana pergi megunjungi Candi Prambanan Pantai Parangtritis. Selamat malam, Jogja. Lama tak jumpa.=)

Tidak ada komentar: