Selasa, 15 Juli 2014

Kue Mochi Tidak Hanya Di Jepang, Semarang Pun Punya Kue Mochi!!

Mendengar kue mochi pasti yang terbayang adalah makanan khas Jepang yang disediakan sebagai pelengkap minum teh. Kue yang terbuat dari tepung ketan yang dilumuri dengan bubuk tepung ini juga sangat terkenal di Kota Bandung sehingga dijadikan oleh-oleh selain makanan khas lain seperti peuyeum. Di kota lain ternyata terdapat kue mochi yang cukup melegenda yaitu kue mochi Semarang. Tentu ketika mendengar kata Semarang yang kita tahu oleh-olehnya adalah bandeng presto, tahu pong dan sebagainya. Namun sekarang, tambahkan daftar oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke Semarang dengan kue moaci. 



Penampakan Wadah Moaci Isi 16
Dari seluruh merk yang menjual kue mochi di semarang, hanya ada 1 yang paling terkenal yaitu Kue Moaci Gemini (mochi dieja menjadi moaci). Saya sempat mencoba kue moaci ini ketika berkunjung ke Semarang pada medio 2012. Baru beberapa hari lalu juga dapet oleh-oleh dari murid saya yang pulang kota ke Semarang. 

Yang Isi 6 Nih
Merknya Gemini
Kue moaci Gemini memiliki banyak ciri khas yang membuatnya berbeda dengan mochi kebanyakan. Moaci ini dibuat oleh etnis Tionghoa yang memang banyak mendiami Semarang. Moaci Gemini dibuat dari tepung ketan dengan isian kacang tumbuk yang dicampur gula/karamel. Mirip onde-onde tapi lebih mini dan kenyal. Ada banyak pilihan rasa dari kue moaci ini diantaranya original (bubuk tepung diluar), original wijen, durian, strawberry, coklat, pandan dan talas. Namun menurut saya, yang paling legit adalah kue moaci original dengan lapisan wijen. Rasanya sungguh gurih dengan sedikit rasa manis dan dijamin membuat ketagihan. Dari luar, bungkus kue moaci ini berwarna merah terang khas nuansa Imlek dengan gambar 2 beruang emas diatasnya. Didalamnya kue moaci dibungkus dengan kertas. Tersedia beberapa ukuran kardus dari isi 10 biji, 16 biji, sampai 25 biji. Harganya mulai dari Rp 14.000,- s/d Rp 32.000,-. Agak mahal dikit jika membeli di pusat oleh-oleh. Seperti saya kemaren mendapat harga Rp 30.000,- untuk kotak isi 16 dengan 4 rasa ketika membeli di sentra oleh-oleh Bandeng Juwana di Jl. Pangandaran, kawasan Tugu Muda. Moaci Gemini sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya dapat bertahan 4-7 hari dan sekitar 10 harian jika masuk lemari es. Moaci Gemini banyak terdapat hampir di seluruh pusat oleh-oleh Semarang seperti outlet Bandeng Juwana dan sebagainya. Sedangkan outlet asli Moaci Gemini ada di Jalan Kentangan 101, sekitar 5 menit dari Simpang Lima Semarang. Saya pribadi pada saat ke Semarang tidak sempat mengunjungi outlet asli ini karena harus bergegas mengejar kereta namun tetap saya tampilkan foto outletnya yang saya ambil dari beberapa sumber. 



(sumber)
Jadi, sempatkan mampir membeli kue moaci Gemini ketika berkunjung ke Semarang ya. =)

Tidak ada komentar: